SELAMAT DATANG DI ERA INFORMASI

DUNIA INFORMASI TANPA BATAS

Sabtu, 12 Desember 2009

Pengertian Internet dan Jenis Domain

 PENGERTIAN INTERNET

Internet adalah singkatan dari Interconnection Networking. The network of the networks. Diartikan sebagai a global network of computer networks atau sebuah jaringan komputer dalam skala global/mendunia yang dapat menghubungkan pemakai computer satu dengan computer lainnya dari suatu Negara ke Negara di seluruh dunia. Jaringan komputer ini berskala internasional yang dapat membuat masing-masing komputer saling berkomunikasi. Network ini membentuk jaringan inter-koneksi (Inter-connected network) yang terhubung melalui protokol TCP/IP. Dikembangkan dan diuji coba pertama kali pada tahun 1969 oleh US Department of Defense dalam proyek ARPAnet.
Secara gampangnya internet itu adalah gabungan dari jaringan-jaringan computer dalam sekala luas dan besar dimana masing-masing computer tersebut dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya menggunakan sebuah bahasa jaringan.
Dalam sebuah internet terdapat berbagai aneka ragam informasi fasilitas layanan internet seperti: Browsing atau surfing (kegiatan “berselancar” atau melihat-lihat di internet), Elektronik mail(E-mail) (kegiatan berkirim surat /dengan orang lain ,tanpa mengenal batas ,waktu,ruang bahkan birokrasi), Searching (kegiatan mencari data atau informasi tertentu di internet), Chatting (kegiatan berkomunikasi secara langsung dengan orang lain di internet), Mailing list (kegiatan berdiskusi secara elektronik dengan menggunakan E-mail), Newsgroup (kegiatan berkoferensi jarak jauh ,sehingga anda dapat menyampaikan pendapat dan tanggapan dalam internet), Download (proses mengambil file dari computer lain melalui internet ke komputer kita) Upload (proses meletakkan file dari computer kita ke computer lain melalui internet), File transfer protocol (FTP) (kegiatan melakukan pengambilan arsip atau file secara elektroniok atau transfer file dari satu computer ke computer lain di internet) dan masih banyak kegunaan lainnya dari internet.


 JENIS-JENIS DOMAIN

Pengertian Nama domain atau biasa disebut dengan Domain Name atau URL adalah alamat unik di dunia internet yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah website, atau dengan kata lain domain name adalah alamat yang digunakan untuk menemukan sebuah website pada dunia internet. Misal : google.com, facebook.com, dsb.
Ada 2 jenis nama domain yang beredar saat ini di Internet, yaitu Top Level Domain Name (TLD) dan Country Code Top Level Domain Name (ccTLD) atau Local Domain.

Top Level Domain Name (TLD)

Kode Domain
.com Com (commercial): digunakan untuk bidang bisnis http://www.cnn.com/
.edu Edu (education): digunakan untuk bidang pendidikan/perguruan tinggi. http://www.ucla.edu/
.net Net (network): digunakan untuk perusahaan yang bergerak dibidang penyelenggara jasa koneksi Internet (ISP = Internet Service Provider). http://www.freshmeat.net/
.org Org (organization): digunakan untuk badan sosial atau organisasi nirlaba http://www.w3.org/
.mil Mil (military): digunakan untuk organisasi kemiliteran. http://www.army.mil/
.gov Gov (government): digunakan untuk pemerintahan. http://www.nasa.gov/
.biz Digunakan untuk bidang bisnis pada umumnya. Mungkin untuk menggantikan .com yang sudah jenuh dan banyak digunakan di Internet. http://www.nic.biz/
.info Tidak ada ketentuan. Bisa digunakan oleh siapa saja. http://www.cheesenet.info/
.name Digunakan untuk perorangan atau pribadi. http://www.dean.edwards.name/
.museum Digunakan untuk situs web museum http://www.mori.art.museum/
.coop Digunakan untuk bidang jasa koperasi. http://www.congress.coop/
.aero Digunakan untuk bidang industri trasnportasi udara. http://www.ba727.aero/
.pro Hanya digunakan untuk bidang-bidang profesionalisme, seperti dokter, pengacara dll. http://www.kitlog.pro/


Country Code Top Level Domain (ccTLD)

Country Code Top Level Domain Name atau disebut juga Local Domain, adalah nama domain yang disesuaikan dengan kode negara yang bersangkutan. Misal:
Negara Kode Domain
Indonesia .id
Malaysia .my
Australia .au
United Kingdom .uk

Lalu di masing-masing negara ada beberapa domain lokal (local domain). Sebagai contoh di Indonesia, berikut ini adalah daftar nama domain lokal yang digunakan di Indonesia:
Kode Domain
.ac Digunakan untuk bidang pendidikan, minimal setara D-1. http://www.brawijaya.ac.id/
.co Digunakan untuk perusahaan. http://www.myindo.co.id/
.go Digunakan untuk badan-badan pemerintahan http://www.dki.go.id/
.net Digunakan untuk perusahaan yang bergerak dibidang penyedia jasa Internet (Internet service provider). http://www.idnic.net.id/
.mil Digunakan untuk bidang militer http://www.tni.mil.id/
.or Digunakan untuk organisasi non-bisnis http://www.sekolah2000.or.id/
.sch Digunakan untuk bidang pendidikan seperti sekolahan. http://www.smpn3-sgs.sch.id/
.war.net Digunakan untuk bidang jasa warnet (warung Internet). http://www.solar.war.net.id/
.web Digunakan untuk siapa saja (bebas), bisa perseorangan, komunitas dan lainnya. http://www.edo.web.id/

Saat ini domain yang berakhiran ".id" dikelola oleh Depkominfo. Informasi mengenai kebijaksanaan (policy) domain ".ID" beserta informasi lainnya dapat diperoleh di situs website Depkominfo. Domain yang didaftarkan di Indonesia harus berada di bawah Second Level Domain (SLD) ac.id, co.id, or.id, net.id, web.id, sch.id, go.id, mil.id. Masing-masing SLD memiliki aturan yang berbeda. TLD lain dapat menerapkan kebijaksanaan yang lain.

1 komentar:

  1. terus psting info2 yg bermanfaatnya gan
    senang bisa berkunjung ke blog anda
    terimakasih banyak

    BalasHapus